Keluarga kecilku

Senin, 04 Oktober 2010

Musim Dingin Tiba

oleh Salwa Fattah pada 24 September 2010 jam 18:14
 
Akhir-akhir ini Tokyo sudah mulai diguyur hujan, hawa dingin sudah mulai terasa, hingga 20 derajat Celsius, kata suami ini belum seberapa, malah kadang hingga 5 derajat Celsius, hmm ga bisa ngebayangin gmn dinginnya,  padahal baru 2 minggu yang lalu hawa panas sangat terasa, puncaknya di saat bulan Ramadhan tahun ini panasnya hingga 39 derajat Celsius, sebagai pendatang baru, cuaca seperti ini baru kami alami, ketika panas suhu sangat tinggi, apalagi saat di bulan Ramadhan. Alhamdulillah Allah memberi kita kekuatan kesehatan untuk menjalaninya, bersyukur juga saat pergantian musim ke dingin sudah masuk syawal, karena saat dingin biasanya makan sebagai salah satu cara untuk menghangatkan badan, juga sebagai upaya untuk menghindari penyakit,  asal makannya jangan berlebih lebihan amat ya, berikut beberapa jenis Makanan Sehat Anti-Stress Dan Penghadang Flu Di Musim Dingin

Bayam: Daun berwarna hijau ini mengandung magnesium, mineral yang mampu membunuh efek-efek penyebab stress, dengan cara mencegah tekanan darah meninggi.
Jeruk: Bagi yang memiliki tubuh sehat namun terpapar virus flu atau pilek, memiliki kemungkinan besar untuk tertular virus tersebut dalam keadaan tertekan dan stress. Dengan cara memakan buah atau jus jeruk dalam jumlah yang banyak dan teratur, otomatis Anda mengkonsumsi Vitamin C, yang merupakan obat alami flu paling tokcer. Karena zat citrus yang terkandung didalamnya mampu membantu tubuh melawan infeksi.
Ikan: Zat Omega-3 fatty acids yang terkandung dalam jenis ikan seperti salem (salmon) dan tongkol (tuna) dapat meredakan stress dan kegelisahan. Selain itu, mampu juga menghancurkan lemak dalam tubuh yang akhirnya menolong menurunkan kolesterol.
Gandum: Oatmeal atau gandum memiliki kadar Vitamin B yang mampu menstimulasi produksi serotonin. Kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh karena merupakan neurotransmit yang mentransfer sinya-sinyal menenangkan otak.
Cokelat: Komponen yang terkandung dalam buah cocoa dapat membuat otak untuk memproduksi sel-sel penimbul rasa tenang, rileks, dan bahagia.
Cegah Flu Dengan Konsumsi Makanan
Aah virus flu…Penyakit yang satu ini memang sulit dihindari di musim dingin. Panas demam, hidung ingusan, bersin-bersin, sampai batuk sepertinya menjadi gejala biasa terutama bagi yang tinggal di daerah lebih dingin. Virus flu gampang ditularkan melalui udara. Maka penting sekali pada musim dingin Anda sekeluarga mengambil vaksinasi flu (flu shots tersedia di berbagai macam klinik dan farmasi). Akan tetapi jika Anda sudah terlanjut terkena, selain minum obat penyembuh flu, Anda juga wajib mengkonsumsi diet yang cocok ketika sakit flu.
Chicken Soup/Sup Ayam
Ini bukan mitos tapi fakta bahwa sup ayam mampu menyembuhkan flu dan pilek. Sebuah mangkuk sup ayam yang panas mampu mengurangi dan mencairkan kadar lendir yang terdapat di hidung dan tenggorokan Anda. Tambahkan berbagai macam sayur-sayuran ke dalam sup Anda seperti wortel, jagung, kentang, kacang polong, bayam, untuk mendapatkan vitamin dan anti-oksidan.
Green Tea/Teh Hijau
Kegunaan teh hijau banyak sekali, salah satunya teh yang bahasa Jepangnya Ocha ini memiliki zat anti-viral melawan influenza dalam jumlah banyak. Teh hijau memiliki sel pembunuh bakteri di dalam virus, dikarenakan terdapatnya level tinggi sel catechin dan flavonoid (kedua sel ini diambil dari tumbuh-tumbuhan) di dalam anti-viral tersebut. Selain itu, teh hijau mampu mengurangi diabetes, mencegah stroke, menghancurkan lemak, serta menurunkan kadar kolesterol.
Sayuran mengandung Zat Quercetin seperti Apel, Bawang, Brokoli, dan Tomat
Zat Quercetin merupakan semacam zat flavonoid penimbul warna di dalam sayuran dan buah-buahan. seperti apel, bawang, brokoli, dan tomat. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut jika sedang sakit Flu. Kalau bisa, beli yang organik.
Vitamin D seperti Ikan, Susu, Yogurt, Tahu-Tempe, Dan Sereal
Di samping minum vitamin D, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin yang baik untuk pertumbuhan anak dan kekuatan tulang ini. Ikan tongkol, salem, sarden, susu sapi maupun kedelai, dan sereal merupakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D. Vitamin D menawarkan semacam proteksi terhadap flu H1N1, sebab vitamin ini mengandung zat-zat anti-microbial bagi tubuh Anda. Zat microbial inilah yang dapat membunuh micro-organisme seperti bakteri, virus, serta jamur.
Lada/Cabai seperti Jalapenos, Serranos, Paprika
Cabai pedas buka hanya bisa melegakan hidung tersumbat dan mencairkan lendir, cabai juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Cabai telah terbukti dapat mengurangi pneumonia atau demam tinggi yang berkepanjangan saat flu menyerang. Jika Anda tidak kuat makan pedas, jenis cabai manis seperti paprika juga mengandung vitamin C, sama halnya dengan buah jambu, kiwi, stroberi, papaya, timun suri, dan kol.

Sumber: http://www.kabarinews.com/article/Berita_Amerika/Amerika_Kesehatan/Makanan_Sehat_AntiStress_Dan_Penghadang_Flu_Di_Musim_Dingin/34162
· · Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar