Keluarga kecilku

Rabu, 13 Oktober 2010

CARA MUDAH MENGHAPAL AL-QUR'AN

Bismillahirrahmanirrahiim.

Sedikit saya akan berbagi tips agar lebih mudah menghapal Al-Qur'an. Mungkin masing-masing kita punya tips yang berbeda dalam menghapal Al-Qur'an, tetapi barangkali bisa mencoba dengan tips berikut :
1. Mohonlah kepada Allah agar dimudahkan dalam membaca dan memahami Al-Qur'an.
2. Meluruskan Niat hanya semata-mata karena Allah dan berniat dengan menghapal Al-Qur'an Allah akan menambah keimanan kita.
3. Mulailah Membacanya beberapa ayat, misalnya kita menargetkan setengah halaman sehari, atau setengah halaman setiap waktu shalat, maka mulailah membaca keseluruhan dari setengah halaman tersebut selama 3-5 kali.
4. Lalu ulangi terus dengan memahami makna yang kita baca, memahami arti yang kita baca akan menguatkan hapalan kita.
5. Jika target kita terlalu panjang kita boleh mengurangi menjadi seayat-seayat lalu menyambung dengan ayat berikutnya.
6. Lebih bagus ketika menghapal Al-Qur'an dengan suara yang keras sambil melagukan bacaan yang kita baca, agar bacaan kita lebih berkesan dalam diri kita.
7. Sebelum menambah hapalan dihari berikutnya, jangan lupa muraja'ah hapalan yang kemaren. Jika hapalan yang kemaren belum lancar maka sebaiknya diulang-ulangi hingga lancar.
8. Setelah hapalan yang kemaren sudah lancar baru menambah hapalan baru, dengan membaca terlebih dahulu target yang kita ingin hapal dihari tersebut seperti pada point 3.

Demikian semoga bermanfaat. Bagaimanapun teknik kita kuncinya adalah tekad dan kedisiplinan kita. Hapallah Al-Qur'an walaupun seayat, 2 ayat. Jika Istimror insyaAllah kita termasuk dalam orang yang menghapalkan Al-Qur'an dan jika kita meninggal dan belum menamatkan Al-qur'an semoga kita termasuk dalam hadits ini.."Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu mentartilkan Al Qur'an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca." (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar